Keutamaan Surat Al Kahfi

“Sesungguhnya barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya ia akan diterangi oleh cahaya antara dua Jum’at.” (HR Hakim 3349)
Sumber : http://www.eramuslim.com/suara-langit/ringan-berbobot/cahaya-membaca-surah-alkahfi.htm

Daripada Muaz Ibnu Anas Al-Juhari, daripada bapanya, daripada Nabi SAW baginda bersabda:
“Sesiapa membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya daripada kepala hingga kakinya dan sesiapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)
Daripada Umar beliau berkata, Nabi SAW telah bersabda:
“Sesiapa membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumaat, maka bersinarlah cahaya daripada bawah kakinya hingga ke langit, untuknya di hari kiamat dan diampunkannya antara dua Jumaat.” (HR Ibnu Katsir)
Sumber : http://nurjeehan.hadithuna.com/2008/06/surah-al-kahfi-by-sheikh-salah-bukhatir/

Rasulullah saw bersabda:“Maukah aku tunjukkan padamu suatu surat yang diikuti oleh seribu malaikat ketika diturunkan, dan keagungannya memenuhi antara langit dan bumi?” Sahabat menjawab: Mau. Rasulullah saw bersabda: “Surat Ashhabul Kahfi. Barangsiapa yang membacanya pada hari Jum’at, Allah akan mengampuni dosanya sampai Jum’at berikutnya dan ditambah tiga hari, diberi cahaya yang mencapai ke langit, dan akan terjaga dari fitnah Dajjal.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 3: 243)

Rasulullah saw bersabda:“Barangsiapa yang menjaga sepuluh ayat dari surat Al-Kahfi, ia akan memiliki cahaya pada hari kiamat.” Hadis ini bersumber dari Abu Darda’ dari Nabi saw. (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 3: 243)
sumber : http://hasanhusein.blogspot.com/2008/10/keutamaan-surat-al-kahfi-dan-fitnah.html

Road to AlKautsar :)

January 07, 2010

Taipei City
Udin Harun

About these ads

12 Responses to Keutamaan Surat Al Kahfi

  1. anna says:

    boleh minta halalnya utk saya co’pas??

    udin harun menjawab :
    Tentu saja boleh. Saya juga copas dari website lain kok :).
    Semoga dimudahkan Allah SWT untuk mengamalkannya.

  2. Yui says:

    Trimakacie wacanax sggh brmnfaat..
    Smg bs brmnfaat bg pembaca yg læn..
    Klo bs tlsn latinx d ikut sertakan..

  3. Sport Picks says:

    wah informasi yg sangat berguna.
    Allah Maha Besar

  4. sendi dwi andika says:

    alhamdulillah misteri ilahi akan segera terungkap. ya allah ridhoilah setiap langkah yang aku tempuh demi berhasinya menuju ke ihdinassirotol mustaqim

  5. koko says:

    alhamdulillah ane diiingatkan

  6. Irfan says:

    Alhamdulillahi, Ana mendapat 1 lagi ilmu yang bermanfaat, semoga di berkahi oleh Allah SWT

  7. aini says:

    wow enak banget ya kaya gitu

  8. cem says:

    lah,kalo dibacanya hari sabtu atau sesudah hari jumat,gadapet berkah apa2 dong,

    masa gitu sih?

    • izzul hadziq says:

      To Bro cem.
      Bukan begitu maksudnya. Mengenai keutamaan membaca surat Al Kahfi dihari Jum’at memang ada dalilnya dan itu merupakan salah satu sunnah di hari Jum’at adalah membaca surat Al Kahfi.
      Jika ingin membaca surat Al Kahfi atau surat lain dari AlQuran dihari-hari yg lain selain Jum’at juga ada keutamaan dan barokahnya.
      Sabda Rasulullah saw,“Orang yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan setara dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim satu huruf akan tetapi alih satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

  9. pipit says:

    dosa gak yah…..kalo kita niat baca al-kahfi karena keutamaannya??

    • izzul hadziq says:

      Tidak berdosa. Karena keutamaan tersebut ada penjelasan di hadist. Semua amal kebaikan pasti ada keutamaannya.
      Yang tidak boleh itu beramal supaya dipuji orang lain (Riya’).

  10. Evipuspita says:

    Subhannalloh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: