Frame Structure

Standar IEEE 802.15.4 mendefinisikan empat struktur frame :
1. beacon frame : digunakan oleh kordinator untuk mengirim beacon
2. data frame : digunakan untuk mengirim data
3. acknowledgment frame : digunakan untuk konfirmasi bahwa frame data telah sukses diterima
4. MAC command frame : digunakan untuk mengontrol entitas MAC,menyediakan mekanisme untuk mengontrol dan konfigurasi node client.

Beacon Frame :
Gambar dibawah menunjunkkan struktur beacon yang sebenarnya berada didalam MAC sublayer. Coordinator dapat mengirim network beacon dengan mekanisme beacon-enabled PAN. MAC sublayer terdiri dari MHR (MAC Header), MAC payload dan MFR (MAC footer). MAC payload terdiri dari superframe specifiaction, GTS fields, pending address fields dan beacon payload. MHR terdiri dari MAC frame control field, beacon sequence number (BSN), addressing fields dan auxiliary security header (optional). MFR terdiri atas 16-bit frame check sequence (FCS). MHR, MAC payload dan MFR bergabung
bersama membentuk MAC beacon frame (yang disebut MPDU (MAC protocol Data Unit)).
beaconframe.jpg
Selanjutnya MAC beacon frame dikirim ke PHY layer sebagai PHY service data unit (PSDU) yang kemudian menjadi PHY
payload. PHY layer terdiri dari syncronization header (SHR), PHY header (PHR) dan PHY payload. SHR terdiri dari Preamble Sequence dan Start-of-Frame Delimiter (SFD). PHR mengandung panjang PHY payload dalam octets. SHR, PHR dan PHY payload bergabung membentuk PHY packet (yang disebut PPDU –> Presentation Protocol Data Unit ??? )

Data Frame :
data payload dikirim ke MAC sublayer sebagai MAC service data unit (MSDU). MAC diawali dengan MHR dan diakhiri
dengan MFR. MHR terdiri dari Frmae Control Field, data sequence number (DSN), addressing fields dan auxiliary security header (optional). MFR mengandung 16 bit-FCS. MHR, MAC payload dan MFR bergabung membentuk MAC data frame (MPDU –> MAC protovol data unit).

Selanjutnya MPDU dikirim ke PHY sebagai PSDU (PHY service data unit), yang selanjutnya menjadi PHY payload. PHY
payload didahului oleh SHR dan PHR. SHR terdiri dari preamble sequence dan SFD (start of frame delimiter) fields. Preamble sequence dan SFD ini digunakan untuk sinkronisasi dengan receiver / device client.
gambar dibawah ini adalah struktur data frame yang berasal dari layer diatasnya.
dataframe.jpg
Acknowledgment frame
Acknowledgment frame berasalah dari MAC sublayer. MAC acknoledgment dibentuk dari MHR dan MFR, tidak mempunyai MAC payload. MHR terdiri dari MAC frame control dan data sequence number (DSN). MFR mengandung 16-bit FCS. MHR dan MFR bergabung menjadi MAC acknolegment frame (MPDU).

MPDU dikirim ke PHY sebagai PSDU kemudian menjadi PHY payload. PHT payload diawali oleh SHR dan PHR. SHR, PHR dan PHY payload bergabung menjadi PHY packet (PPDU).
ackframe.jpg
MAC Command Frame :
MAC command frame berada di MAC sublayer. MAC payload terdiri dari Command Type field dan command payload. MAC payload diawali oleh MHR dan diakhiri oleh MFR. MHR terdiri dari MAC frame control field, DSN, addressing field dan auxiliary security header (optional). MFR mengandung 16-bit FCS. MHR, MAC payload dan MFR bergabung menjadi MAC command frame.

selanjutnya MPDU dikirim ke PHY sebagai PSDU yang kemudian menjadi PHY payload.
macframe.jpg

Reference :
IEEE Standard for Information technology, Specifications for WPANs 802.15.4

Break Stupidity – Hancurkan Kebodohan

January 24 2008 – Winter Vacation,
Taipei City
High Speed Network Lab

Udin Harun

Comments are closed.

%d bloggers like this: