Beasiswa NTUST Taiwan Fall 2008

NTUST Scholarship Fall 2008

Application Deadline :
English speaking programs dengan NTUST scholarship : 31 Maret 2008

Prosedur :
1. Setelah mengisi form aplikasi secara online, pastikan semua informasi sudah benar, tekan “submit” untuk konfirmasi dan print application form, declaration, authorization dan cover page yang digenerate secara otomatis dari sistem.

2. Isikan nama dan lengkapi application form, declaration dan authorization.

3. Kirim form-form diatas dan dokumen aplikasi tambahan (Ijazah, transkrip akademik, 2 surat rekomendasi, dan study plan). kirimkan ke departemen NTUST yang dituju.

Referensi :

41 Responses to Beasiswa NTUST Taiwan Fall 2008

  1. Erwin says:

    Permisi pak
    saya ingin bertanya
    pada website NTUST, saya lihat ada diminta “Financial Statement”
    Itu apa ya???
    saya kurang mengerti dengan itu
    apakah saya bisa dikirimkan sampelnya jika mungkin???
    demikian pula halnya “Study Plan”
    saya masih kebingungan untuk menyusunnya
    Apakah saya bisa meminta sampelnya agar bisa dijadikan referensi untuk menyusun study plan saya???

    Jika mungkin, tolong sampelnya dikirimkan lewat email saya erwin2576@yahoo.co.uk

    Terima kasih

    Udin Harun :
    Financial Statement itu hanya digunakan jika tidak apply beasiswa alias sekolahnya bayar sendiri. Financial Statement berisi pernyataan kesanggupan biaya selama di Taiwan, dilengkapi dengan fotokopi buku tabungan yang menunjukkan kira-kira uangnya cukup🙂

    Study Plan itu berisi : Perkiraan mata kuliah yang diambil, Deskripsi riset yang akan dikerjakan dan waktu penyelesaiakn riset,dll. Tidak ada petunjuk baku.

  2. Erwin says:

    Terima kasih buat informasinya pak harun

    Jadi, saya ini rencana akan mendaftar untuk English Taught Program with NTUST Scholarship
    Jadi, itu tidak perlu financial statement ya???
    Tapi kan di websitenya untuk berkas yang diminta tercantum financial statement

    Terima kasih

    Udin Harun :
    Kalo apply beasiswa tidak perlu mengirimkan financial statement.🙂
    OK

  3. ana says:

    Pak Udin, saya Ana, ingin bertanya beberapa pertanyaan:
    1. Apakah untuk apply scholarship itu ada form tersendiri untuk diisi?
    2. Untuk legalisir ijasah, apakah pada saat saya apply harus sudah dilegalisir kedutaan taiwan (TETO). Bolehkan setelah kita diterima di NTUST baru kita kirimkan legalisir ijasah oleh kedutaan?

    terim kasih

    Udin Harun :
    Jawaban
    1). Ya, formnya akan muncul setelah apply secara onlione. Yang harus dilakukan pertama kali adalah mendaftar online disini : http://140.118.99.87/FA_FrontEnd/Default.aspx
    Setelah mengisi secara online, akan muncul form pendaftaran (file PDF), silahkan didownload, dilengkapi isiannya dan dikirim via pos bersama dokumen lain yang diperlukan.
    2). Untuk pendaftaran tidak perlu dilegalisir, dilegalisirnya setelah resmi diterima sebelum berangkat ke Taiwan.
    OK

  4. Erwin says:

    Oh begitu ya
    Terima kasih banyak ya untuk informasinya

  5. Erwin says:

    Oh iya satu hal lagi
    mengenai nilai Proficiency test untuk bahasa inggris
    apakah nilai TOEFL bisa digantikan dengan nilai IELST??

    Terima kasih

    Udin Harun :
    Jawaban

    Maksudnya IELTS (The International English Language Testing System) ???
    ya bisa diganti sama IELTS

    Oh ya, jangan lupa jika nanti ada surat penerimaan dari Taiwan Tech/NTUST, harap dibaca baik-baik, apakah memang mendapatkan beasiswa atau tidak. Karena surat penerimaannya ada dua jenis. Diterima DENGAN beasiswa dan diterima saja (TANPA ada keterangan dapat beasiswa, maksudnya ini diterima di Taiwan Tech/NTUST tetapi tidak dapat beasiswa).
    Jadi mendaftar + mendaftar beasiswa itu belum tentu dapat beasiswa meskipun dapat surat penerimaan.

    OK, selamat berjuang🙂

  6. Erwin says:

    Ok. Terima kasih buat semua infonya.

  7. Erwin says:

    Pak harun,

    Saya sudah mencoba untuk membuat Study Plan saya
    Tapi saya kurang bisa menyusun formatnya agar lebih bagus isinya
    Apakah saya bisa meminta sebuah contoh Study Plan dari bapak?
    Misalnya yang pernah Bapak pakai untuk apply dulu

    Terima kasih

    Saya juga ingin memastikan ini Pak sebelum saya kirim nanti supaya tidak ada yang ketinggalan. Yang harus saya kirim ke NTUST itu :
    1. Ijazah (Fotocopy) dan Bahasa Inggris (Fotocopy)
    2. Transkrip Akademik (Fotocopy)
    3. Study Plan
    4. Surat Rekomendasi
    5. Form dari NTUST
    Hanya ini saja yang perlu saya kirimkan?
    Mengenai legalisir dari TETO itu memang tidak perlu dulu ya untuk pendaftaran ini?

    Terima kasih

    Udin Harun :
    Ok, saya kirim ke email.
    Untuk persyaratannya sepertinya ya cukup itu saja, untuk lebih memastikan ya dicek lagi saja dengan requirement di website NTUST🙂
    Legalisir TETO tidak perlu saat pendaftaran, tapi kalo sudah fix diterima dan mau berangkat ke Taiwan.

  8. Erwin says:

    Ok. Terima kasih pak
    oh ya satu lagi saya lupa
    Hasil nilai IELTS apakah perlu dikirimkan juga Pak?
    Terima kasih

  9. suryadi says:

    Pak harun, saya berminat mengajukan beasiswa ke ntust.
    apakah toefl/ielts itu hrs yg internasional atau bisa yang institutional misalny dari UI atau Neso.
    apakah nilai toefl/ielts nya saya kirimkan pada saat pendaftaran online??

    terima kasih

    suryadi

    Udin Harun Reply:
    tidak ada penjelasan harus internasional. Jadi kalo punyanya institusional ya silahkan dikirimkan saja, kalo internasional mestinya punya nilai tambah.
    toefl/ielts + persyaratan yg lain dikirim hardcopy via pos.

  10. suryadi says:

    ya terima kasih Pak atas info ny..
    saya kirim hardcopy via pos ini setelah kita registrasi online + respon dari kampus taiwan..
    atau gmn??

    thanks

    Udin Harun :
    hardcopy bisa dikirim setelah registrasi online. Yang penting jangan sampai terlambat pengirimannya 🙂 ,
    Diikuti saja sesuai dengan petunjuk yang di website.

  11. david_aliyanto@yahoo.com says:

    Pak Harun,saya minta contoh study plan donk pak buat sekolah bahasa ke taiwan…
    Thanks

  12. david_aliyanto@yahoo.com says:

    Kirim saja ke alamat email saya..
    thanks sekali lg…

  13. Levi says:

    Pak harun, saya berminat mengajukan beasiswa ke ntust.
    Apakah kesempatannya masih dibuka sampai sekarang?
    Terimakasih

    Dari Udin Harun :

    deadline 30 Nopember 2009.
    baca saja disini : http://www.admission-e.ntust.edu.tw/front/bin/ptlist.phtml?Category=3
    On line application system (Spring 2010)
    Application deadline:
    English speaking programs with NTUST scholarship : November 30. 2009

  14. yagus says:

    Pak Harun salam kenal
    boleh saya minta contoh studi plannya pak.
    saya berencana mau daptar ke ntuts dan ambil komputer.
    terima kasih

    ycahyadi@gmail.com

  15. Salam kenal pak, saya tertarik dengan NTUST
    namun masih cukup bingung dengan Study Plan-nya
    apakah bapak ada contoh?

  16. sera says:

    saya baru mendengar tentang NTUST di website ini, disekolah saya tidak ada diberitahukan tentang NTUST. Kalau boleh tau, ini universitas apa, dan apa persyaratannya agar bisa dapat beasiswa?
    Tolong dibalas, karena saya sangat membutuhkannya

    Udin Harun Reply :
    Info tentang NTUST bisa dibaca disini : http://www-e.ntust.edu.tw
    Info beasiswa disini : http://www.admission-e.ntust.edu.tw/front/bin/home.phtml

  17. zakki fahmi says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Salam kenal pak harun, saya tertarik untuk studi di NTUST! mengenai biaya hidup, berapakah perkiraan biaya hidup untuk single dan pasangan jika memang sudah diterima NTUST scholarship? adakah bantuan lain yang kemungkinan bisa diterima selain mendapatkan NTUST scholarship?untuk study plan, bolehkah saya minta contoh study plan dari bapak?
    terima kasih banyak pak sebelumnya

    Udin Harun Reply :
    waalaikumsalam wr.wb.
    beasiswa S2 NTUST perbulan : 10.000 NTD.
    beasiswa S3 NTUST perbulan : 15.000 NTD.
    untuk membawa keluarga perkiraan perlu 20.000 – 30.000 NTD perbulan, jadi kalo bisa sama-sama sekolahnya dan dapat beasiswa.
    Tambahan beasiswa bisa didapat dari project Lab, tapi tergantung labnya ada project nggak🙂.
    Contoh study plan sudah dikirim ke email.

  18. meilinda says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Salam kenal pak harun, saya sekarang sedang dalam proses aplikasi untuk daftar NTUST.
    Saya ingin bertanya mengenai biaya hidup dan NTUST scholarship? apakah scholarship tsb sudah (selain beasiswa per bulan) sudah termasuk tuition fee juga pak?

    untuk study plan, saya sudah mencoba membuat, namun bolehkah saya minta contoh study plan dari bapak, sebagai gmabaran?
    terima kasih banyak pak sebelumnya

    wass.wr.wb

    Udin Harun :
    waalaikumsalam wr.wb.
    Beasiswa (Full scholarship) perbulan untuk S2 = NTD 10.000.
    Beasiswa (Full scholarship) perbulan untuk S3 = NTD 15.000.
    karena sekarang ada istilah ‘partial scholarship’, saya kurang tahu berapa beasiswa yg didapat jika ‘partial scholarship’.
    Untuk tuition fee, jika mendapat beasiswa berarti tidak perlu bayar tuition fee persemester.
    contoh proposal sudah dikirim ke email.

  19. dino says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Salam kenal pa harun. saya mahasiswa S2 Teknik Industri UI. pada program ini, kami ada tawaran untuk double degree di NTUST Taiwan. Dan pada persyaratannya diminta untuk mengumpulkan study plan. sama seperti permintaan teman2 yg lain boleh saya meminta contoh study plan bpk sebagai gambaran?

    kemudian yang kedua, ada persyaratan TOEFL records of proof of English proficiency. apakah nilai TOEFL tersebut dapat menyusul? karena sekarang saya sedang mengikuti TOEFL preparation untuk increasing nilai TOEFL saya yang sebelumnya <550.

    Terimakasih sebelumnya,

    wassalam wr. wb

  20. kiko says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Salam kenal pak harun, saya sekarang juga sedang dalam proses aplikasi untuk daftar NTUST.

    saya sudah mencoba membuat study plan, tapi masih kurang pas. Bolehkah saya minta contoh study plan dari bapak juga, untuk sebagai perbandingan agar dapat melengkapi apa yang kurang nantinya.
    terima kasih Pak Harun.

    salam
    servernayaf7@yahoo.com

  21. jatnika says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    salam kenal pak.saat ini saya sedang dalam proses untuk mendaftar s2 di NTUST. saya sedang dalam proses membuat study plan, tapi masih bingung dan perlu gambaran pak, bolehkah saya minta contoh study plan dari bapak?. mengenai bahasa yang digunakan apakah harus bisa bahasa mandarin atau masih bisa pakai bahasa inggris pak?

    terima kasih pak
    wassalam

  22. jatnika says:

    assalamualaikum wr wb.
    salam kenal pak, saat ini saya tertarik untuk meneruskan s2 ke NTUST. sekarang saya sedang mencoba membuat study plan, tapi masih bingung pak. bolehkah saya minta contoh study plan dari bapak sebagai gambaran?.kemudian apakah kita perlu melakukan korespondensi/mengontak terlebih dahulu professor disana sebelum mengirimkan aplikasi?.

    terima kasih pak
    wassalam

  23. fitri says:

    assalamualaikum wr wb.
    salam kenal pak, saya tertarik untuk meneruskan s2 ke NTUST. seperti teman-teman yang lain, saya juga kesulitan dalam membuat study plan,bolehkah saya minta contoh study plan dari bapak ? .
    Terus pak living costnya disana mahal ya pak, bisa tau gak pak gambaran cost yang dikeluarkan dengan nilai beasiswa sebesar NT$ 10.000 ?
    terima kasih pak

    Udin Harun :
    Waalaikumsalam wr.wb.
    sudah saya kirim ke email.
    Pengeluaran :
    – bayar dormitory tiap semester : sekitar 6000 NTD
    – asuransi kesehatan tiap semester : sekitar 4500 NTD
    sisanya buat makan dan jalan-jalan🙂.
    Tidak perlu kuatir, di NTUST sekarang lebih dari 100 mahasiswa dari Indonesia, sehat wal afiat🙂.

  24. Alim says:

    Assalamu’alaikum Pek…
    Saya mahasiswa fresh graduate yang berencana akan mengambil study master ke Taiwan.
    Ada beberapa hal yang saya masih bingung :
    1. Study Plannya, bisa bapak kirim contohnya ke email saya. Terimakasih sebelumnya Pak.🙂

    2. Apakah ada patokan nilai TOEFL untuk mendaftar di NTUST?Karena sampai sekarang nilai TOEFL saya masih dibawah 500.

    3. Saya lihat di website NTUST terakhir mengenai pendaftaran online, berkas yang dikirim itu harus sudah dilegalisir oleh TETO ya Pak?
    http://www.admission-e.ntust.edu.tw/front/bin/ptlist,3.phtml

    Mohon jawabannya dan study plannya, saya berencana mendaftar untuk Program Fall 2011 yang akan dibuka awa bulan maret ini.

    Terimakasih.🙂

    Udin Harun:
    Waalaikumsalam wr.wb.
    OK, saya kirim ke email.
    Kalo bisa diatas 500. Dokumen yang dikirim saat pendaftaran tidak perlu dilegalisir ke TETO. jika sudah diterima baru legalisir ke TETO.

  25. Reza says:

    Assalamu’alaikum Pak

    Saya mahasiswa yang akan lulus pada Juli tahun ini. Saya memiliki beberapa pertanyaan mengenai beasiswa ini:
    1. Apakah saya bisa mendaftar meskipun saya belum diwisuda
    2. Bolehkah saya mendapatkan contoh study plan milik bapak untuk referensi

    Terima kasih.

    Udin Harun reply :
    Waalaikumsalam.
    1. Dicoba saja mendaftar. karena setahu saya ada beberapa mahasiswa semester terakhir S1 mendekati lulus diterima beasiswa S2 di NTUST.
    2. Ok, dikirim ke email.

  26. ryani says:

    assalamu’alaikum, pak…
    Pak, kalo di NTUST itu beasiswanya dalam 1 tahun ada 2 kali ato hanya 1 kali?
    Saya merasa bingung membuat study plan, blh minta contoh study plan nya, pak?

    Makasi sebelumnya…

    Udin Harun :
    Waalaikumsalam wr.wb.
    Dua kali setahun. Ok, saya kirim ke email.

  27. fei says:

    pak harun, saya juga berminat utk apply beasiswa ini. bolehkah saya minta cotoh study plan bapak buat referensi? tolong di email ya. terima kasih.

    Udin Harun:
    OK

  28. Amii says:

    Assalamu’alaikum Pak.harun
    Salam kenal

    Saya mahasiswa tek.sipil Saya memiliki beberapa pertanyaan mengenai beasiswa ini:
    1. Apakah saya bisa mendaftar Te.Lingkungan
    2. saya minta tolong banget contoh study plan milik bapak untuk referensi saya di te.lingkungan

    Terima kasih Wss.

    ————————-
    Waalaikumsalam wr.wb.
    1. Saya tidak tahu bisa daftar ke T.Lingkungan atau tidak. Sepertinya di NTUST tidak ada Tek. Lingkungan.
    2. OK, saya kirim, tapi contoh ke computer science.
    wassalam
    Udin Harun

  29. Mula Sigiro says:

    Permisi pak Harun, perkenalkan nama saya Mula Sigiro dari Medan. saya agak kurang yakin dengan Study Plan yang telah saya susun. Berkenanlah kiranya bapak mengirimkan Study Plan bapak untuk saya jadikan bahan referensi saya pak.

    E-mail saya: mula_kimula@yahoo.co.id

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada bapak. Salam…..

    Reply:
    OK.

  30. Mula Sigiro says:

    Selamat siang pak Harun, perkenankan saya bertanya lagi kepada bapak. Saya ada dapat KALENDER AKADEMIK Spring 2012 (February) sbb:

    February 2012

    1 Wed
    2nd semester begins

    8 Wed
    A. Minor major or double major application begins
    B. First day for applicants to transfer credits (new graduate student)
    C. Deadline for semester registration

    10 Fri
    Winter vacations end

    15 Wed
    A. Classes begin
    B. Course adding and dropping begins
    C. Application deadline for Minor major or double major

    17 Fri
    Application deadline for transfer credits (new graduate student)

    Maka berdasarkan data diatas, jika seseorang lulus di Spring Smemester 2012 maka TANGGAL berapakah harus sudah tiba di NTUST pak? atau bisanya untuk Spring Smester mahasiswa yang lulus harus Daftar ulang/tiba di Taiwan TANGGAL BERAPA yah pak??? Terimakasih sebelumnya yah pak….

    Salam…

  31. rahmad df says:

    Assalamualaikum pak, saya rahmad saya berencana apply k NTUST, ada yg saya tanyakan:
    1. apakan mahasiswa yg berbeasiswa tetap membayar uang dormitory?
    2. mhn bapak kirim k email saya study plan bapak utk refensin saya
    terimakasih. wassalam

  32. Rini says:

    Assalamu’alaikum,
    Pak Harun,perkenalkan saya Rini Rahmawati sedang dalam proses untuk apply beasisiwa NTUST Spring 2012. yg ingin saya tanyakan adalah:
    1. dokumen seperti ijazah,transkrip harus dalam B.Inggris kan? nah ijazah saya masi dalam B. Indonesia. Kalau mau di translate ke B. Inggris harus melalui penerjemah tersumpah yg di deplu atau di TETO?? mohon informasinya.
    2. Seperti yang lainnya, kalau bapak berkenan, mohon dikirimkan contoh study plan Bapak sebagai gambaran untuk saya.
    Trimakasi sebelumnya.
    Wassalam,
    Rini
    ——————
    Waalaikumsalam wr.wb.
    1. Harus dalam Bahasa Inggris. Ijazah bisa minta ke kampus S1 untuk ditranslate ke Bahasa Inggris atau ke penerjemah tersumpah (bukan di deplu atau TETO), Deplu dan TETO itu untuk legalisir. Lebih baik diterjemahkan oleh kampus tempat keluarga ijazah.
    2. OK, dikirim ke email.

  33. Windy Stella says:

    Selamat sore pak Harun, saya berencana meng-apply S2 di NTUST dan seperti yang lain, saya masih dibingungkan dengan study plan.. bisakah saya minta dikirimkan ke e-mail saya (dyva_missf4@yahoo.com) contoh format study plan dalam bahasa inggris seperti yang lainnya, untuk menggambarkan seperti apa study plan itu, sehingga ada gambaran mengenai study plan yang akan saya buat nanti..🙂
    makasih untuk bantuannya pak..

    Windy_
    ——–
    OK

  34. Yuana says:

    Salam kenal Pak Harun, sya ingin mengambil beasiswa NTUST jurusan Teknik Kimia tapi saya masih bingung mengenai study plan, bisakah saya melihat punya bapak sebagai gambaran?
    Terima kasih
    —————-
    OK

  35. indi says:

    Asslkm, pa minta contoh study plan, klo boleh dkrim ke email saya,
    trmksh

  36. indi says:

    pa emailnya ketinggalan (wisdya@gmail.com) , trmksh.

Leave a Reply

