RAIH TeSCA 2009 PENS SEMAKIN MANTAP MENERAPKAN ICT

Tesca_PensJPGhttp://www.eepis-its.edu/

Sabtu, 24 Oktober 2009
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dikukuhkan sebagai kampus yang telah memajukan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di Indonesia dalam ajang TELKOM SMART CAMPUS AWARD (TeSCA) 2009, pada acara Grand Launch PT Telkom Indonesia di Jakarta, semalam.

TeSCA merupakan salah satu program penghargaan Indigo award yang tiap tahun diberikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Pada TeSCA 2009 kali ini, Telkom membagi penghargaan tersebut ke dalam tiga kategori dalam dua pemenang di tiap kategorinya. Selain itu, terdapat lima kategori penghargaan lainnya dengan total peserta 231 perguruan tinggi se- Indonesia.

“Apresiasi lebih untuk PT Telkom atas usahanya menyelenggarakan kegiatan ini,”ungkap Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D melalui wawancara per-telepon kemarin. Penghargaan ini dinilai prestisius karena berhubungan dengan sejauh mana penetrasi dan operasional IT dalam pelaksanaan pendidikan tinggi di Indonesia. “Namun demikian, perlu diupayakan penyusunan instrumen ukur evaluasi yang jelas sehingga nantinya dapat dijadikan standar nasional” sarannya.

“Penghargaan Platinum TeSCA Award 2009 untuk kategori Politeknik/ Institut/ Akademi ini diperoleh berkat kerja keras seluruh civitas akademika PENS. Semoga penghargaan ini dapat menambah semangat PENS dan seluruh perguruan tinggi di Indonesia agar lebih mengembangkan sekaligus menerapkan IT dalam operasionalnya,” harap Dadet. Direktur PENS ini pun menyampaikan bagaimana kampusnya telah mempersiapkan infrastruktur, jaringan hingga kontennya. “Ke depan, PENS akan tetap mengembangkan konten melalui pembuatan aplikasi. Di samping lebih efisien and ekonomis, hal ini dapat meningkatkan perbaikan mutu layanan”, imbuhnya.

Lebih jauh lagi, PENS telah menerapkan IT melalui metode open source di semua level (manajemen hingga staf, red) mulai dari pelayanan akademik, keuangan, kepegawaian, kemahasiswaan, rumah tangga, keamanan, serta masih banyak lagi. Bahkan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan PENS telah dimanfaatkan oleh beberapa politeknik dan kampus di Indonesia. “Kami siap membantu perguruan tinggi yang ingin mengimplementasikan aplikasi yang telah kami kembangkan,” tambah Dadet.

Tahun ini, TeSCA 2009 membagi 3 macam penghargaan, platinum award, gold award dan special award. Peraih platinum akan memperoleh cash reward sebesar Rp 100 juta dan bebas menggunakan bandwidth hingga 5 Mbps selama 6 bulan. Sementara, peraih gold award mendapat uang tunai Rp 75 juta dan bebas bandwidth hingga 3 Mbps selama 3 bulan. Adapun pemenang special award memperoleh uang tunai  Rp 75 juta.(humpens)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: